Cerita Anak

by Cubiculum Notatum @jejakubikel

Jejakubikel kembali menggelar tantangan menulis. Dongeng Desember ini terdiri dari tiga dekadies. Dekadies pertama Desember akan kita isi dengan menulis cerita anak-anak. Siapapun boleh ikut. Berikut adalah aturan main untuk turut serta meramaikan Dongeng Desember Cerita Anak:

  1. Jenis tulisan Cerita Pendek. Puisi diperkenankan, dengan catatan memiliki kaitan dengan tema dan mengandung logika yang dipahami anak-anak.
  2. Tulisan ditujukan untuk konsumsi anak-anak, tetapi tetap enak untuk dibaca orang dewasa. Contoh bisa kita lihat di November Menulis edisi Dongeng Inspirasi.
  3. Tidak ada aturan baku mengenai panjang tulisan, tetapi tidak lebih dari 5 halaman kuarto bila diketik dengan font Cambria 12 dengan spasi 1.5. Atau 1250 kata.
  4. Ada sepuluh tema yang disediakan untuk menjadi tajuk utama cerita. Yakni: FantasiKeluargaRumah Impian,PersahabatanCita-cita/Prestasi/OlahragaNagaFabel, Anak Indonesia, Petualangan, dan Dunia Sihir. Silakan lihat penjabaran di tautan masing-masing.
  5. Naskah dikirim ke email jejakubikel@gmail.com
  6. Tulisan boleh disubmit kapan saja dalam rentang 1 – 11 Desember 2010. Tapi, penayangan akan dilakukan berurutan menurut urutan Tema disebutkan. Bila karya merupakan tema yang sudah terlewat harinya maka untuk hari pertama akan tayang di halaman depan, sedangkan hari berikutnya akan mundur sesuai dengan hari temanya. Karena Tema sudah diumumkan lebih dulu, panitia hanya akan memberi pengingat/reminder tema setiap harinya.
  7. Peserta tidak harus mengikuti kesepuluh tema yang ditawarkan.
  8. Cerita boleh diketikkan di body email dengan catatan, tetap menyertakan nama pena dan akun twitter jika ada.
  9. Isi naskah tidak boleh mengandung adegan kekerasan eksplisit, adegan seksual, acuan diskriminatif, dan kata-kata amoral (akan disensor). Naskah sebaiknya mendidik, meskipun pesan moral tidak mesti dipaksakan.
  10. Semua tulisan akan dikompilasi dan akan diterbitkan dalam bentuk buku. Pikirkan bahwa kita menyusun cerita untuk anak Indonesia.
  11. Karya tetap menjadi milik penulis, akan tetapi Cubiculum Notatum berhak memakai semua karya yang disetorkan ke jejakubikel, tanpa imbalan dalam bentuk apapun.
  12. Penyunting berhak mengubah diksi naskah manakala dinilai perlu.
  13. Pertanyakan dapat dilakukan secara langsung melalui email di atas dan mention ke @jejakubikel pada twitter.
  14. Mulailah menulis, Cubinoters!!

Leave a comment